Tugas IR ~ Prayogo Official

Inspira Karya Cipta

3.1.14

Tugas IR


RETRIEVAL INFORMATION
TEKNOLOGI “GOOGLE SUPER FOOD DETECTOR”





Disusun Oleh :
Prayogo
043131221098
Angkatan : 43






PROGRAM PASCASARJANA MAGISTER KOMPUTER
STMIK ERESHA
JAKARTA



Pendahuluan
Teknologi informasi berkembang sangat pesat dan selalu memanjakan dan memudahkan bagi umat manusia dalam menjalankan aktifitas serta pencarian informasi.Dengan teknologi IR masa depan dibawah ini ,dimana manusia akan dimudahkan dalam soal makanan.Karena Teknologi IR masa depan yang saya imajinasikan ini yaitu “ Google Super Food Detector”. Didalam teknologi ini manusia akan lebih mengerti kandungan makanan yang kan dikonsumsi.
Mudah-mudahan dengan teknologi IR masa depan ini manusia masa dimasa depan akan lebih bisa memilih makanan yang dibutuhkan.
Teknologi Informasi pada perkembangan nya akan semakin praktis dan semakin mempermudah manusia di segala bidang.Dan selalu memberikan  solusi yang lebih cepat dan akurat dalam hal mencari data dan informasi.
  Tangerang Januari 2014

INFORMATION RETRIEVAL

I.    Pengertian Information Retrieval
      Information Retrieval merupakan bagian dari computer science yang berhubungan dengan pengambilan informasi dari dokumen-dokumen yang didasarkan pada isi dan konteks dari dokumen-dokumen itu sendiri. Berdasarkan referensi dijelaskan bahwa Information Retrieval merupakan suatu pencarian informasi  yang didasarkan pada suatu query yang diharapkan dapat memenuhi keinginan user dari kumpulan dokumen yang ada. Beberapa pengertian Information Retrieval dari berbagai sumber, antara lain :
Information Retrieval adalah “studi tentang sistem pengindeksan, pencarian, dan mengingat data, khususnya teks atau bentuk tidak terstruktur lainnya.”[virtechseo.com]
“Information Retrieval adalah seni dan ilmu mencari informasi dalam dokumen, mencari dokumen itu sendiri, mencari metadata yang menjelaskan dokumen, atau mencari dalam database, apakah relasional database itu berdiri sendiri atau database hypertext jaringan seperti Internet atau intranet, untuk teks , suara, gambar, atau data “ [Wikipedia]
Information Retrieval adalah “bidang di persimpangan ilmu informasi dan ilmu komputer.  Berkutat dengan pengindeksan dan pengambilan informasi dari sumber informasi heterogen dan sebagian besar-tekstual. Istilah ini diciptakan oleh Mooers pada tahun 1951, yang menganjurkan bahwa diterapkan ke “aspek intelektual” deskripsi informasi dan sistem untuk pencarian (Mooers, 1951). “ [Hersh, 2003]
Informasi atau data yang dicari dapat berupa berupa teks, image, audio, video dan lain-lain. Koleksi data teks yang dapat dijadikan sumber pencarian juga dapat berupa pesan teks, seperti e-mail, fax, dan dokumen berita, bahkan dokumen yang beredar di internet. Dengan jumlah dokumen koleksi yang besar sebagai sumber pencarian, maka dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu user menemukan dokumen yang relevan dalam waktu yang singkat dan tepat.
Di teknologi informasi terdapat istilah data retrieval, selain information retrieval. Dua hal ini sangatlah berbeda. Data retrieval secara umum menentukan dokumen yang tepat dari suatu koleksi data, yang isi dokumen tersebut mengandung keyword di dalam query user, tidak akan pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan informasi user. Berbeda dengan data retrieval, user dari sistem Information Retrieval lebih memperhatikan dalam mendapatkan (retrieve) informasi melalui subyek, daripada retrieve data berdasarkan query yang diberikan, karena user tidak mau tahu bagaimana proses yang sedang berlangsung.
 Maksud DanTujuan
1.      Tujuan dari tugas ini adalah membuat teknologi Retrieval Informasi (IR).adalah membuat teknologi IR dimasa Depan atau masa yang akan datang.Dan belum ada sebelum teknologi tersebut.
2.      Menjadi Melatih imajinasi tentang teknologi masa depan.

TEKNOLOGI RETRIEVAL INFORMATION
“GOOGLE SUPER FOOD DETECTOR”

Teknologi Google masa depan ini adalah dimana google akan menciptakan teknologi yang bisa mendeteksi  kandungan baik gizi maupun kandungan bahan yang lain ,yang ada dalam makanan dan buah buahan.
 Simulasi Sistem Kerja
  1.  Tabung Detector
Teknologi ini dilengkapi dengan tabung detector ,dimana nanti makanan atau buah yang dimasukan kedalam tabung detektor akan langsung  terdeteksi dan dan akan tampil dimonitor.Dan secara otomatis kandungan gizi atau composisi makanan tersebut secara lengkap.Selain itu kita bisa juga mendeteksi kandungan gizi atau vitamin dan akan tampil di monitor tampilan.
Keunggulan Dari Teknologi ini
  1. Mampu mendeteksi  Kandungan semua jenis makanan dan buah-buahan.
Teknologi ini mampu mendeteksi semua kandungan yang ada dalam makanan dan buah- buahan.
  1. Mampu mendeteksi resep  yang terkandung dalam makanan tersebut.
Teknologi ini mampu mendeteksi lalu menjabarkan resep yang terkandung dalam makanan tersebut.
Mampu mendeteksi  Kandungan semua jenis makanan dan buah-buahan
Dengan teknologi super Food Detection ini mampu mendeteksi kandungan gizi yang ada dalam makanan atau buah-buahan.Hal ini akan memudahkan bagi umat manusia untuk mengetahui kandungan Gizi yang di konsumsi.

Mampu mendeteksi Resep Makanan
Teknologi Google ini akan mampu mendeteksi kandungan bahan yangan ada dalam makanan atau lebih mudahnya mengetahui resep makanan yang ada dalam makanan tersebut.Jadi kita perlu susa mencari resep makanan dengan alat detector ini mampu mendeteksi kandungan composisi resep semua makanan.Jadi dengan demikian kita akan lebih tahu kandungan makan yang kita konsumsi dengan sebenar-benarnya tanpa ada keraguan.







     
   


























Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

My Channel

Podcast

MY SCHEDULE

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.