Diberdayakan oleh Blogger.

5.1.14

Tugas II IR

RETRIEVAL INFORMATION
TEKNOLOGI “GOOGLE SUPER INTERNET”





Disusun Oleh :
Prayogo
043131221098
Angkatan : 43






PROGRAM PASCASARJANA MAGISTER KOMPUTER
STMIK ERESHA
JAKARTA



PENDAHULUAN
Teknologi informasi berkembang sangat pesat dan selalu memanjakan dan memudahkan bagi umat manusia dalam menjalankan aktifitas serta pencarian informasi.Dimana teknologi dibuat semakin simple dan praktis mengikuti peradaban manusia yang ingin selalu praktis dan mudah.Teknologi IR yang saya susun ini sebagai sebuah replika teknologi pencarian informasi Google tanpa perangkat, menggunakan perangkat hanya menggunakan satu chip kita bisa melakukan pencarian data kapanpun dan dimanapun dan ditempat apapun.Jadi dalam hal ini mempermudah manusia dalam pencarian data tanpa harus perangkat seperti laptop dan ponsel atau smartphone.
Teknologi Informasi pada perkembangan nya akan semakin praktis dan semakin mempermudah manusia di segala bidang.Dan selalu memberikan  solusi yang lebih cepat dan akurat dalam hal mencari data dan informasi.

Tangerang Januari 2014




INFORMATION RETRIEVAL

I.    Pengertian Information Retrieval
      Information Retrieval merupakan bagian dari computer science yang berhubungan dengan pengambilan informasi dari dokumen-dokumen yang didasarkan pada isi dan konteks dari dokumen-dokumen itu sendiri. Berdasarkan referensi dijelaskan bahwa Information Retrieval merupakan suatu pencarian informasi  yang didasarkan pada suatu query yang diharapkan dapat memenuhi keinginan user dari kumpulan dokumen yang ada. Beberapa pengertian Information Retrieval dari berbagai sumber, antara lain :
Information Retrieval adalah “studi tentang sistem pengindeksan, pencarian, dan mengingat data, khususnya teks atau bentuk tidak terstruktur lainnya.”[virtechseo.com]
“Information Retrieval adalah seni dan ilmu mencari informasi dalam dokumen, mencari dokumen itu sendiri, mencari metadata yang menjelaskan dokumen, atau mencari dalam database, apakah relasional database itu berdiri sendiri atau database hypertext jaringan seperti Internet atau intranet, untuk teks , suara, gambar, atau data “ [Wikipedia]
Information Retrieval adalah “bidang di persimpangan ilmu informasi dan ilmu komputer.  Berkutat dengan pengindeksan dan pengambilan informasi dari sumber informasi heterogen dan sebagian besar-tekstual. Istilah ini diciptakan oleh Mooers pada tahun 1951, yang menganjurkan bahwa diterapkan ke “aspek intelektual” deskripsi informasi dan sistem untuk pencarian (Mooers, 1951). “ [Hersh, 2003]
Informasi atau data yang dicari dapat berupa berupa teks, image, audio, video dan lain-lain. Koleksi data teks yang dapat dijadikan sumber pencarian juga dapat berupa pesan teks, seperti e-mail, fax, dan dokumen berita, bahkan dokumen yang beredar di internet. Dengan jumlah dokumen koleksi yang besar sebagai sumber pencarian, maka dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu user menemukan dokumen yang relevan dalam waktu yang singkat dan tepat.
Di teknologi informasi terdapat istilah data retrieval, selain information retrieval. Dua hal ini sangatlah berbeda. Data retrieval secara umum menentukan dokumen yang tepat dari suatu koleksi data, yang isi dokumen tersebut mengandung keyword di dalam query user, tidak akan pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan informasi user. Berbeda dengan data retrieval, user dari sistem Information Retrieval lebih memperhatikan dalam mendapatkan (retrieve) informasi melalui subyek, daripada retrieve data berdasarkan query yang diberikan, karena user tidak mau tahu bagaimana proses yang sedang berlangsung.
 Maksud DanTujuan
1.      Tujuan dari tugas ini adalah membuat teknologi Retrieval Informasi (IR).adalah membuat teknologi IR dimasa Depan atau masa yang akan datang.Dan belum ada sebelum teknologi tersebut.
2.      Menjadi Melatih imajinasi tentang teknologi masa depan.


TEKNOLOGI RETRIEVAL INFORMATION
“GOOGLE SUPER INTERNET”

Teknologi google masa depan ini adalah dimana google akan menciptakan teknologi internet tanpa perangkat.Bahkan teknologi ini bisa melakukan panggilan telphone dan video panggil atau video call.Bahkan teknologi ini bisa buat menonton televisi.dan fitur multimedia lainnya.Adapun Tekhnologi ini mengandalkan sensitivitas dari voice manusia. Teknologi google yang satu ini berbeda dengan teknologi computer tanpa perangkat namun semua teknologi berbasis INTERNET.Teknologi ini hanya ada satu chip sebagai alat detektor pengguna yang di sediakan google.  Penyimpanan semua file berbasis cloud. Jadi intinya teknologi google ini memberikan fasiitas internet pencarian data tanpa banyak menggunakan perangkat . Selain itu  Berikut ini simulasi dari teknologi teknologi tersebut :
 Simulasi Sistem Kerja
  1.  Panggilan Monitor
Dalam sistem kerja dari teknologi masa depan google ini ,untuk menampilkan monitor hanya dengan suara atau voice. Monitor akan lansung tampil didepan kita (tanpa perangkat atau alat) monitor tampil seperti hologram namun jelas seperti monitor sebuah komputer dengan resolusi tinggi.
  1. Browsing
Dalam melakukan browsing ini kita tidak memerlukan perangkat sama sekali keyword atau kata kunci yang gunakan menggunakan voice, pada  waktu kita mengatur monitor atau melakukan pemilihan menu bisa menggunakan layar sentuh sebagai alternatifnya namun juga bisa yang paling utamanya menggunakan Voice.setiap kita akan melakukan pencarian dan akan merubah kata kunci pencarian dengan voice juga semua pencarian pun akurat karena teknologi ini mempunyai sensitivitas voise yang tinggi.
  1. Menonton Televisi
Merupakan fitur tambahan dimana dimana teknologi ini juga bisa memungkinkan pengguna untuk menonton televisi.lagi-lagi tanpa alat apapun.hanya melakukan panggilan dengan suara.

  1. Video Calling
Merupakan fitur tambahan namu sangat fital dimana kita bisa melakunkan panggilan telphone sampai sampai video calling dan ini pun tanpa menggunakan perangkat apapun. Hanya dengan voice juga.
  1. Google Memberi alat Chip Detektor untuk pelanggannya.

Keunggulan Dari Teknologi ini
  1. Browsing internet tanpa perangkat atau alat seperti komputer atau laptop.
  2. Penyimpanan semua berbasis Cloud (awan)
  3. Panggilan Telepon (Tanpa Perangkat)
  4. Video Calling (Tanpa Perangkat)
  5. Menonton Televisi ( Tanpa Perangkat)
  6. Trasfer data (data bisa ditransfer kerangkat perangkat keras (drive)
  7. Singkonisasi Google Glass dan suara manusia sehingga setiap pelanggan atau pengguna  teknologi GOOGLE IR ini bisa mencari informasi informasi dari setiap apapun yang dilihat oleh pengguna.





     
   


























0 komentar:

Posting Komentar