Tool SketchUP 13 ~ Prayogo Official

Inspira Karya Cipta

23.1.14

Tool SketchUP 13

Okey Ketemu lagi Gan Kali ini saya mau sedikit menulis dasar dari Sketchup (saya pakai yang 13 yaa..yang masih versi 8 segera bertobat..hahah).Okey Gan kita mulai dari Tools yaak.Disini saya saya mau share beberapa tools dari Sketchup.Yuk simak :

  1. SELECTION TOOL: Fungsi ini mungkin hampir sama dengan tool grafis sepertti Corel adb Ilustrator yaitu untuk menyeleksi sebagian atau semua dari obyek.
  2. ERASER : Yanng ini juga sama juga fungsinya seperti tool grafis lainnya yaitu untuk Menghapus Obyek halus maupun yang kasar.
  3. LINE : Tool ini bergambar pensil fungsinya untuk menggambar garis lurus dari tik point ke point yang kita inginkan.
  4. RECTANGLE : Kalau yang ini fungsinya Untuk meggambar Obyek berbentuk segi Empat dimana Obyek ini juga nantinya masih bis diedit lagi.
  5. CIRCLE : Nah kalu yunang ini fungsinya untuk membuat obyek yang berbentuk lingkaran
  6. POLYGON : Poligon ini juga mempunyai fungsi untuk membuat Obyek dengan bentuk persegi Lima,gan!kalau yang di SKetchup 8 belum ada yaaa...
  7. ARC  : kalau yang ini beda lagi ,yang ini fungsinya untuk membuat obyek garis yang memancar seperti gari lengkung.
  8. OFFSET  : yang ini fungsinya bisa untuk menggandakan obyek dengan cara klik dan drag
  9. MOVE  : Alat yang satu ini gunanya untuk memindah obyek baik obyek gambar maupun Component 
  10. ROTATE :  Fungsinya untuk mengatur Rotasi dari obyek
  11. SCALE  : Fungsinya untuk memperbesar obyek rectangle atau yang lainya dengan mengklik pada entity atau obyek.
  12. TAPE MEASURE TOOL : Tool dengan gambar seperti Meteran ini mempunyai fungsi yaitu untuk mengukur dan mengetahui dari obyek yang telah kita buat.
  13. TEXT : Ini mempunyai kegunaan untuk mebuat atau menambahkan Text untuk label dan atau yang lainnya.Namun ini bukan text yang 3D
  14. PAINT BUCKET : Tool dengan icon seperti Teko ini mempunyai fungsi untuk mengisi atau Apply model atau obyek dengan Warna atau material.
  15. ORBIT : Kalau ini yang menarik ini untuk melihat atau view model dengan segala posisi arah pandang dengan orbit camera.Jadi kita bisa melihat hasil model yang telah kita buat dari berbagai arah.
  16. PAN : Kalau ini fungsinya hampir sama dengan yang ada di photoshop yaitu Handtool dimana fungsinya untuk melihat dari arah vertikal dan horisontal.
  17. ZOOM : Tool dengan gambar lensa ini berfunsi untuk memperbesar (view) obyek
  18. ZOOM EXTENTS : Hampir sama dengan Zoom  funsinya untuk Zoom View.
Okey Gan ini dulu tools yang sering dipakai di Sketchup sebenarnya masih ada 4 tools lagi udah Kriting nih tangan nya ngetik..Besok Lanjut lagi.
Salam Hangat

Prayogo
Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

My Channel

Podcast

MY SCHEDULE

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.