Diberdayakan oleh Blogger.

15.1.14

Fscommand

Kali ini kita akan mempelajari cara menggunakan fscommand. Ada 6 jenisnya tapi kita hanya akan mempelajari 5 jenis saja.
1. fscommand fullscreen
Kegunaan : membuat flash movie/swf yang dimainkan menjadi fullscreen jika nilainya true. Bagi anda yang menginginkan flash movie/swf tampil fullscreen anda bisa menggunakan fscommand ini.
Penulisannya :
1
fscommand("fullscreen", "true");
2. fscommand allowscale
Kegunaan : Ukuran konten di dalam swf tidak akan berubah walaupun ukuran window swf diperbesar jika nilainya false. Penulisannya :

1
fscommand("allowscale", "false");
3. fscommand showmenu
Kegunaan : menghilangkan menu File, View, Control, Help dan jika swf diklik kanan maka hanya muncul settings dan about jika nilainya true. Kelemahannya, di swf akan sedikit muncul ruang kosong di bagian atas dan bawah / konten akan terlihat sedikit mengecil. Penulisannya :

1
fscommand("showmenu", "false");
4. fscommand trapallkeys
Kegunaan : membuat pengguna tidak bisa menggunakan keyboard di swf yang dimainkan jika nilainya true. Keyboard hanya bisa digunakan dengan actionscript key (contohnya : if (Key.isDown(Key.BACKSPACE)) {} ). Penulisannya :

1
fscommand("trapallkeys", "true");
5. fscommand quit
Kegunaan : menutup swf yang dimainkan. Tidak ada nilainya. Penulisannya :

1
fscommand("quit", "");

Kelimanya dapat digunakan secara bersama-sama. Lihatlah nilai (true/false) masing-masing sesuai keterangan di atas. Jika nilainya berupa kebalikannya (misalnya true diubah menjadi false) maka kegunaannya adalah kebalikan dari kegunaan yang ditulis di atas. Untuk mengetesnya apakah berjalan atau tidak, anda harus memainkan swf-nya langsung (klik 2 kali swf yang akan dimainkan di Windows Explorer). Anda tidak dapat mengetesnya melalui Test Movie.

0 komentar:

Posting Komentar